Selasa, 20 Maret 2012

Surat Al Hujaarat ayat 10 Dan 13

"Sesungguhnya orang-orang mukmin adalah bersaudara karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu dan bertakwalah kepada Allah supaya kamu mendapat rahmat."(Q.s Al hujuraat: 10)

"Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, dan menjadikan berbangsa-bangsa,dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal mengenal. Sesungguhnya orng yg paling mulia di antaramu disisi Allah ialah orng yg paling bertakwa. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha mengenal."(Q.S al hujuraat: 13)

Surat Al hujuraat ayat 10 menyatakan bahwa orng2 yg beriman adalah bersaudara. Bukan karena ikatan darah turunan. Tetapi persaudaraan itu diikat oleh rasa satu iman satu agama. Oleh karna itu, berkasih sayanglah dan saling tolong menolonglah di antara sesama mukmin. Tdk boleh bermusuhan apalagi menyakiti.

Apabila suatu saat terjadi permusuhan di antara dua pihak maka kmu jgn ikut-ikutan atau memihak kepada salah satu pihak. Kewajiban kmu adalah mendamaikan keduanya semampumu. Bila kmu dpt melakukannya sndiri, lakukanlah. Bila tdk mintalah bantuan yg lain untuk mendamaikannya. Bila hal ini kmu lakukan dgn ikhlas, selain akan di sayang sesama, Allah pun akan menyayangi.

Surah Al hujuraat ayat 13 merupakan penjelasan lebih lanjut ayat 10 diatas. Allah mengingatkan bahwa kita diciptakan bersuku-suku dan berbangsa-bangsa. Tahukah kmu, di dunia ini ada berapa bangsa dan suku? Bnyk bukan? Suku dan bangsa itu mempunyai adat dan tradisi yg berbeda-beda. Kondisinya pun tdk sama. Ada yg kaya, miskin, berkulit dan berbahasa macam-macam.

Kita tdk boleh merasa lebih atau paling tinggi dri yg lain sehinga menjadi takabur. Tdk boleh pula merasa rendah diri sehingga minder. Derajat manusia di hadapan Allah swt.tdk di tentukan oleh keelokan tubuh, kebangsawanan,kekayaan,atau kedudukan. Tdk pula oleh warna kulit,suku atau kebangsaan. Semuanya sama saja. Hanya yg paling bertakwalah yg paling mulia disisi Allah swt.

Manusia berbeda-beda, baik dri kondisi sosial-ekonomi atau kesukubangsaan, hal itu agar kita saling mengenal. Dari situ kita akan saling menghormati dan menyayangi.