Sabtu, 10 Maret 2012

"Surat Al~Faatihah"(pembukaan)

Assalamu'alaikum wr.wb

Surat alfaatihah ini mengandung beberapa unsur pokok yang mencerminkan seluruh isi Al Qur'an yaitu:
1.Keimanan:Beriman kepada Tuhan yg Maha Esa terdapat dalam ayat 2 dimana dinyatakan dg tegas bahwa segala puji dan ucapan syukur atas sesuatu nikmat itu hanya bagi Alloh swt karna Alloh adalah pencipta dan sumber segala nikmat yg terdapat dalam alam ini.
Diantara nikmat itu ialah:nikmat menciptakan,nikmat mendidik dan menumbuhkan,sebab kata "Rabb"dalam kalimat "Robbil'alaamiin tidak hanya berarti "Tuhan dan Penguasa" tetapi juga mengandung arti tarbiyah yaitu mendidik dan menumbuhkan.Hal ini menunjukan bahwa sgala nikmat yg dilihat oleh seorang dalam dirinya sendiri dan dalam sgala alam ini bersumber dari Alloh swt, karna DIA lah yg Maha berkuasa di alam ini.
Pendidikan,penjagaan dan penumbuhan oleh Alloh swt di alam ini haruslah diperhatikan dan dipikirkan oleh manusia sedalam2nya,sehingga menjadi sumber pelbagai macam ilmu pengetahuan yg dapat menambah keyakinan manusia kepada keagungan dan kemuliaan Alloh swt,serta berguna bagi masyarakat.oleh karna keimanan(ketauhidan)itu merupakan masalah yg pokok maka didalam surat Alfaatihah tidak cukup dinyatakan dg isyarat saja,tetapi ditegaskan dan dilengkapi oleh ayat 5,yaitu:"iyyaaka na'budu wa iyyaaka nasta'iin" (Hanya Engkaulah yg kami sembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan).
Yang dimaksud dg "yang menguasai hari pembalasan"ialah pd hari itu Alloh swt lah yg berkuasa,sgala sesuatu tunduk dan patuh kepada kebesaranNYA sambil mengharap nikmat dan takut kepada siksaanNYA.
Hal ini mengandung arti janji untuk memberi pahala terhadap perbuatan baik dan ancaman terhadap perbuatan buruk."ibadat"yg terdapat pd ayat 5 semata2 ditunjukan kepada Alloh swt.
2.Hukum~hukum:Jalan kebahagiaan dan bagaimana seharusnya menempuh jalan itu untuk memperoleh kebahagiaan dunia dan akherat.maksud"hidayah"disini ialah hidayah yg menjadi sebab dapatnya keselamatan,kebahagiaan dunia dan akherat,baik yg mengenai keyakinan maupun akhlak,hukum hukum dan pelajaran.
3.Kisah~kisah:kisah para nabi dan kisah orang2 dahulu yg menentang Alloh swt.
Sebagian besar dari ayat2 AlQur'an memuat kisah2 para nabi dan kisah orang2 dahulu yg menentang Alloh swt.
Yang dimaksud dg orang yg diberi nikmat dalam ayat ini,ialah para nabi, shidiqien(orang2 yg sungguh2 beriman),syuhada(orang2 yg mati syahid),shaalihin(orang yg saleh).
Sedangkan makna dimurkai ialah Orang2 yg sesat,yakni golongan orang2 yg menyimpang dari ajaran islam.
Bersambung..ke catatan yg Alfaatihah ke 2.
Sekian dan terima kasih.
Salam damai
keep istiqomah
Wassalamu'alaikum wr.wb
By:Akmal Rizky Sultonik